Rabu, 29 April 2020

Pertempuran Puputan Margarana

Pertempuran Puputan Margarana merupakan salah satu pertempuran antara Indonesia & Belanda yang terjadi pada 20 November 1945. Pertempuran ini diawali dengan kedatangan pasukan Belanda berjumlah sekitar 2000 tentara disertai tokoh-tokoh yang bersedia bekerja sama dengan Belanda di Bali.
 Pertempuran Puputan Margarana merupakan salah satu pertempuran antara Indonesia  Pertempuran Puputan Margarana
Source: Pihak Ketiga.
Kedatangan Belanda ke Bali bertujuan untuk membantu pendirian sebuah negara boneka yang diberi nama Negara Indonesia Timur. Belanda kemudian menbujuk Letkol I Gusti Ngurah Rai untuk bergabung. Tetapi, bujukan itu ditolak.

Pada 18 November 1945, I Gusti Ngurah Rai menyerang kedudukan Belanda di daeah Tabahan. Satu datasemen polisi lengkap dengan senjatanya berhasil dilumpuhkan. Untuk menghadapi pasukan Ngurah Rai, Belanda mengerahkan seluruh pasukan yang berada di Bali & Lombok.

Dalam pertempuran ini, pasukan Ngurah Rai melakukan “puputan” atau perang habis-habisan. Mereka bertekad tidak akan mundur sampai titik darah penghabisan. Pertempuran berakhir dengan gugurnya Letkol I Gusti Ngurah Rai bersama 96 orang anggota pasukannya. Adapun di pihak Belanda, diperkirakan sebanyak 400 tentara Belanda tewas dalam pertempuran ini. untuk mengenang peristiwa ini, didirikan Tugu Pahlawan Taman Pujaan Bangsa di daerah bekas medan pertempuran.